Jumat, 15 Maret 2013

Jadilah Pejuang Lingkungan

Cegah Perubahan Iklim



Pemanasan Global atau global warming adalah meningkatnya suhu pada permukaan bumi. Global warming terjadi karena gas yang dihasilkan dari bahan bakar fosil seperti pada kendaraan bermotor, perubahan penggunaan lahan, serta proses industri (asap pabrik, sampah/limbah industri).

Global warming menimbulkan climate change affect (perubahan iklim), secara garis besar global warming dapat diamati dan dirasakan dengan adanya:
1. pergantian musim yang tidak bisa diprediksi
2. hujan badai sering terjadi dimana-mana
3. sering terjadi angin puting beluing
4. banjir dan kekeringan diwaktu yang bersamaan

Perubahan iklim dapat dicegah, dimulai dari diri sendiri dengan peduli hidup dan masa depan lingkungan kita yang lebih baik dan mencari tahu serta menambah pengetahuan tentang perubahan iklim dan cara mencegahnya. Menghemat energi listrik dengan cara menggunakan listrik bila diperlukan saja serta membuat penerangan alami dirumah sehingga cahaya matahari dapat masuk dan meminimalkan lampu penerangan.

Selain itu, kita juga dapat mendaur ulang sampah, dengan tidak membakar sampah yang mengakibatkan lapisan ozon berlubang. Menghemat BBM dengan cara mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih ke kendaraan umum. Menghemat air dengan membuat sumur resapan dirumah untuk menampung air hujan untuk keperluan rumah tangga. Hindari penggunaan plastik. Daur ulang kertas dengan mencetak kedua sisi dengan menggunakan kembali kertas bekas. Gunakan produk ramah lingkungan dan jadilah pejuang lingkungan.

Usaha-usaha yang kita lingkungan memang tidka akan menutup kembali lubang ozon atau memulihkan kembali es dikutub utara, namun minimal kita dapat mencegah luka yang lebih parah lagi pada lingkungan. Usaha kita mungkin dapat mengeliminir bencana banjir, kekeringan, kelangkaan air bersih, pemborosan BBM, dan polusi di negeri sendiri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar